Sabtu, 14 April 2012

psikologi umum- pengertian psikologi , ruang lingkup, metode penelitian psikologi

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Psikologi
Secara etimologis, “Psikologi” berasal dari bahasa yunani Psyche yang berarti “jiwa” dan Logos yang artinya “Ilmu” atau “Ilmu” pengetahuan.  “Dengan” demikian “psikologi” dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan tentang jiwa atau secara singkat bisa disinonimkan dengan istilah “Ilmu Jiwa”. Hanya saja dalam perkembangannya lebih lanjut psikologi tidak menjadikan “jiwa” sebagai objek kajian, mungkin lebih tepat dikatakan sebagai mengkaji gejala-gejala kejiwaan yang muncul dalam tingkah laku manusia.[1]
Dari uraian singkat diatas, kita bisa menarik sebuah pengertian bahwa “psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari penghayatan dan tingkah laku manusia yang normal, dewasa, dan berbudaya”.[2]  Menurut Dr. Kartini Kartono dalam bukunya Psikologi umum, psikologi adalah Ilmu pengetahuan tentang tingkah laku dan kehidupan psikis (Jiwani) manusia.[3]
B.     Ruang Lingkup Psikologi
Sebagai suatu disiplin ilmu yang mempelajari penghayatan dan tingkah laku manusia, lingkup kajian psikologi memiliki ruang yang luas mencakup semua bentuk tingkah laku manusia. Secara sistematis lingkup kajian psikologi dapat diklarifikasikan sebagai berikut :
1.    Psikologi Umum
Psikologi umum adalah suatu ilmu yang mengambil lingkup kajian pada penghayatan dan tingkah laku individu secara umum, artinya mencakup semua tingkatan usia semua jenis kelamin, kelompok, suku bangsa, ras, dan semua fase perkembangan psikologis manusia.[4]
2.    Psikologi Khusus
Psikologi khusus adalah suatu cabang psikologi yang mengambil fokus kajiannya pada tingkah laku individu dalam suatu situasi yang khusus, baik untuk tujuan teoristis maupun praktik. Ia dapat dibagi menjadi dua bagian, antara lain :
a.    Psikologi Teoristis : yaitu kajian psikologi yang diarahkan pada pengembangan dan penemuan teori baru, baik teori yang berhubungan dengan persooalan tingkah laku secara umum, maupun untuk kasus-kasus khusus.
b.    Psikologi praktis : sesuai dengan namanya kajian psikologi praktis diarahkan untuk kepentingan-kepentingan lapangan secara praktis. Maka dari itu psikologi praktis dibagi menjadi beberapa golongan. Secara sistematik yang tergolong psikologi praktis adalah :
1)   Psikologi Perkembangan : dengan fokus pada tingkah laku individu dalam proses perkembangannya. Dalam hal ini fase-fase perkembangan individu diperhatikan secara khusus dan akhirnya menjadiakan psikologi perkembangan mengklasisifikasikan dirinya dalam tiga spesifikasi khusus antara lain : psikologi perkembangan anak, psikologi dewasa, dan pskologi lanjut.
2)   Psikologi Pendidikan : dengan fokus pada mempelajari tingkah laku individu dalam sebuah proses pendidikan.
3)   Psikologi Kepribadian : dengan fokus pada masalah-masalah kepribadian.
4)   Psikologi Kriminal : dengan fokus pada masalah-masalah yang berhubungan dengan kejahatan-kejahatan.
5)   Psikologi Industri : dengan fokus mempelajari tingkah laku individu dengan situasi lapangan industri.
6)   Psikologi Differensial : dengan fokus pada mempelajari perbedaan-perbedaan-perbedaan bentuk tingkah laku dalam berbagai macam aspek.
7)   Psikologi Komparatif : dengan fokus mempelajari perbandingan tingkah laku manusia dengan tingkah laku hewan atau binatang.
8)   Psikologi Abnormal : dengan fokus mempelajari tingkah laku seseorang yang tergolong kepada kelompok abnormal.
9)   Psikologi Sosial : dengan fokus mempelajari kegiatan-kegiatan tingkah laku yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial atau interaksi sosial diantara sesama manusia dalam menghasilkan kebudayaan.
10)    Psikologi Pastoral : dengan fokus mempelajari cara-cara pengikut suatu agama serta menyakinkan pengkutnya kepada ajaran-ajaran agamanya. Umumnya ilmu ini dipelajari oleh pemimpin-pemimpin agama seperti, para pastor dan ulama’.
11)    Psikologi Klinis (pengobatan) : dengan fokus mempelajari gejala-gejala kejiwaan yang berhubungan dengan penyembuhan penyakit.
12)    Psikoterapi : dengan fokus mempelajari tata cara pengobatan cacat-cacat jiwa dengan berbagai metode, misalnya : hypnose, psikoanalisa atau ungkapan-ungkapan jiwa dan cara lainnya, termasuk dalam psikologi klinis.
13)    Psikoteknik : dengan fokus mempelajari tata cara menetapkan pribadi seseorang (individu) dan kecakaannya uantk memegang jabatan tertentu.
C.     Metode-metode Penelitian Psikologi
  1. Metodologi Pengertian Kuantitatif
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dalam penyajian data dan analisis yang menggunakan uji statistika. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dipandu oleh hipotesis tertentu yang kemudian salah satu tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah menguji hipotesis yang ditentukan sebelumnya.[5]
Dalam penelitian kuantitatif, realitas dipandang sebagai sesuatu yang konkret, dapat diamati dengan pancaindera, dapat dikatagorikan menurut jenis, bentuk, warna, dan perilaku, tidak berubah dan dapat diverifikasi dalam penelitian kuantitatif, peneliti dapat menentukan hanya beberapa fariable dari objek yang diteliti, kemudian membuat instrumen untuk mengukurnya.[6]
  1. Metodologi Pengertian Kualitatif
  2. Metode Klinis
  3. Metode Statistik
D.    Manfaat Psikologi Umum


[1] Psikologi umum dan perkembangannya, h 1
[2] Ibid, 2
[3] Psikologi Umum, kartini kartono, h 1
[4] Psikologi umum dan perkembangannya, h 3
[5] Rosleny marliany, psikologi umum, 166
[6] Ibid

19 komentar:

  1. sangart membantu sekali

    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fbabeyudi.wordpress.com

    BalasHapus
  2. terima kasih artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya sangat membantu para pembaca

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat sekali
    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fkurniawan.wordpress.com

    BalasHapus
  5. SANGAT BERMANFAAT

    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fmerryagustina%2F.wordpress.com

    BalasHapus
  6. terimakasih
    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fkurniawan.wordpress.com

    BalasHapus
  7. terimahkasih
    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fyantox_ska.wordpress.com

    BalasHapus
  8. terima kasih
    http://http%3A%2F%2Fblog.binadarma.ac.id%2Fimamsolikin

    BalasHapus
  9. Terimakasih tulisanya sangat membantu...

    BalasHapus
  10. Terimakasih, tulisan yang memperkaya wawasan.

    BalasHapus
  11. SEMOGA BERKAH MANFAAT BUAT SEMUANYA

    BalasHapus